Kamis, Agustus 18, 2011

Obama Dapat Bus Khusus Seharga Rp8,8 Miliar

JAKARTA, M86 - Presiden Barack Obama mulai Agustus ini dapat melakukan kunjungan kerja ke negara bagian lewat jalur darat dengan menggunakan bus khusus kepresidenan.

Menurut Juru Bicara Secret Service, Ed Donovan, bus tersebut dipesan sebanyak dua unit dari karoseri Hemphill Brothers Coach Company di Tennessee pada tahun lalu.

Harga tiap unitnya mencapai US$1,1 juta atau Rp8,8 miliar. Kebutuhan akan bus kepresidenan ini sudah muncul sejak tahun 1980 silam.

"Kami sudah mengajukannya sejak Presiden Ronald Reagan berkuasa," ujar Donovan.

Ia tidak bersedia menjelaskan lebih detail mengenai apa saja yang menjadi keistimewaan bus tersebut. Namun, diyakini, bahwa bagian kaca dan bodi serta ban bus itu dilapisi bahan antipeluru dan mampu dioperasikan hingga 10 tahun ke depan.

Selama ini, kata Donovan, pihaknya selalu menggunakan bus sewaan dan dirombak sesuai dengan kebutuhan seorang presiden jika melakukan perjalanan darat mengunjungi dan berbicara dengan rakyatnya.

“Namun, kami tidak pernah puas dengan apa yang diberikan oleh perusahaan penyewa dan kami memutuskan untuk memiliki sendiri bus itu,” kata Donovan.

Donovan menambahkan, selain bisa digunakan oleh Obama, bus tersebut juga bisa digunakan oleh pejabat lain untuk kepentingan dinas serta para calon presiden dalam kampanyenya.

Termasuk di dalamnya bisa digunakan Obama jika ingin mencalonkan diri lagi dan berkampanye keliling negeri menggunakan jalur darat. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails