Senin, Agustus 08, 2011

Calon Pimpinan KPK Dilacak Jejaknya Terkait Poligami

JAKARTA, M86 - Rekam jejak calon pimpinan KPK tengah ditelusuri. Tim dari intelijen Kejaksaan, Polri, dan Badan Intelijen Negara bersama Masyarakat Transparansi Indonesia menelisik masing-masing calon. Yang menarik catatan isu poligami juga jadi pantauan. "Poligami ikut ditelusuri," kata peneliti Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), Jamil Mubarok, Senin (8/8).

Jamil menjelaskan, penyelidikan MTI atas 10 calon pimpinan KPK terkait poligami itu mencakup kehidupan pribadi calon.
"Jadi kalau ada yang poligami ditrace, sesuai apa yang disampaikan Pansel," imbuhnya tanpa merinci.

MTI sudah bekerja 1 minggu membantu Pansel KPK dalam menyelidiki calon. Tim bekerja secara tertutup tanpa diketahui calon.

"Kita akan cari informasi tentang prestasi para kandidat, terlebih prestasi pemberantasan korupsi. Juga mencari nilai-nilai kompetensi para kandidat, background akademi, dan keahlian kita telusuri," jelasnya.

Seluruh aspek dari para calon akan dikupas untuk menjawab harapan publik yakni mendapatkan calon pimpinan KPK yang berintegritas.

"Nanti kita akan menyerahkan hasilnya ke Pansel KPK. Informasi kita bisa dipertanggungjawabkan, tim masih di lapangan," jelas Jamil.

Berikut 10 nama yang lolos untuk tes selanjutnya berdasarkan abjad:

1. Abdullah Hehamahua
2. Abraham Samad
3. Adnan Pandupradja
4. Aryanto Sutadi
5. Bambang Widjojanto
6. Egi Sutjiati
7. Handoyo Sudrajat
8. Sayid Fadhil
9. Yunus Husein
10. Zulkarnain

Selanjutnya dari 10 nama ini akan disaring menjadi 8 orang untuk diserahkan ke DPR. Nantinya DPR akan memilih 4 dari 8 calon yang diajukan Pansel sebagai pimpinan KPK.(red/*dtc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails