Senin, Juli 27, 2009

Gara-Gara Belajar di Malaysia, Mahasiswa Indonesia Meninggal

JAKARTA, MP - Malaysia mengakui mahasiswa S2 asal Medan yakni Tengku Abdullah Syahputra yang meninggal, Selasa (21/7) di RS Al Islam, kampung Baru Kuala Lumpur, terjangkit H1N1.

Menteri Kesehatan Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan hasil penyelidikan awal mendapatkan mahasiswa itu mengalami detak jantung yang tidak terkontrol, badannya gemuk, dan ada tanda-tanda pneumonia pada paru-paru dan kelainan pada tisu jantungnya serta cairan seperti nanah, kemarin.

Menurut keterangan Menteri Kesehatan Malaysia Liow Tiong Lai pencetak gembong teroris Nudin M Top Cs itu , mahasiswa Indonesia itu telah pulang ke Medan dan kembali lagi ke Kuala Lumpur lagi pada 5 Juli untuk melanjutkan studinya di INCEIF (The Global University in Islamic Finance) karena mendapatkan beasiswa dari Bank Negara Malaysia (BNM) atau BI nya Malaysia.

Menurut informasi yang dikumpulkan KBRI Kuala Lumpur, mahasiswa itu diduga satu pesawat dengan penumpang yang terkena H1N1 ketika pulang ke Medan dari Malaysia.

Ia sudah diminta untuk melakukan pemeriksaan tapi tidak dilaksanakannya karena harus segera kembali ke Kuala Lumpur untuk melanjutkan kuliahnya.

Hari Senin, 20 Juli , Tengku Abdullah mulai demam panas, batuk serta letih, dan keesokannya pergi ke Rumah Sakit Al Islam di Kampung Baru, Kuala Lumpur. Ketika menunggu pengambilan obat, tiba-tiba jatuh pingsan dan meninggal dunia, Selasa, jam 11.50, kata Liow Tiong Lai.

RS Al Islam kemudian membawa jenazah ke RS Kuala Lumpur untuk penelitian lebih lanjut. Pihak keluarga (istri, anak dan paman) yang sudah tiba di Kuala Lumpur, Selasa malam, tidak dapat menemui jenazahnya karena dilarang dan sedang dalam otopsi.

Rencana keluarga untuk membawa jenasah, Rabu pagi, ke Medan juga tidak bisa dilakukan karena otopsi RS Kuala Lumpur belum selesai. Namun akhirnya jenazah bisa dipulangkan, Kamis pagi, akibat desakan keluarga walau hasil autopsi belum juga selesai.(cok/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails