Jumat, Juni 12, 2009

Batik akan Jadi Ikon Budaya Indonesia

JAKPUS, MP - Batik segera menjadi ikon budaya bangsa Indonesia menunggu disetujuinya inskripsi batik Indonesia pada daftar respresentasi warisan budaya tak benda (representative list of intangible cultural heritage) di organisasi bidang pendidikan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa, UNESCO.

"Batik yang merupakan produk budaya Indonesia setelah usulan untuk masuk dalam `representative list of intangible cultural heritage` UNESCO akan menjadi ikon produk budaya bangsa Indonesia terbaru," kata Deputi Duta Besar/Wakil Republik Indonesia untuk UNESCO di Paris, Perancis, Dindin Wahyudin, di Jakarta.

Ia mengatakan, pengakuan UNESCO tersebut dinilai penting sebagai salah satu upaya perlindungan budaya yang diakui secara internasional.

Dengan pengakuan UNESCO maka batik akan menjadi produk budaya yang diakui dunia sebagai milik Indonesia.

"Kita tahu Thai Silk di Thailand, misalnya, sudah menjadi ikon produk budaya bangsa Thailand, padahal silk sendiri berasal dari China," katanya.

Contoh kasus itulah yang ingin diterapkan pada batik, produk budaya tersebut akan dijadikan ikon budaya bangsa Indonesia.

"Jadi boleh saja batik ada di mana-mana di seluruh dunia, tapi asalnya batik sendiri itu akan diakui resmi milik Indonesia," katanya.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, mengatakan, pengakuan dari UNESCO penting untuk mendapatkan legalitas dari dunia internasional yang menegaskan bahwa batik adalah milik Indonesia.

"Kalau sudah diakui UNESCO itu jelas milik Indonesia. Jadi etika bisnisnya kalau digunakan untuk komersial maka harus bayar royalti pada yang punya," katanya.

UNESCO sendiri telah menyatakan berkas nominasi batik Indonesia lengkap pada 9 Januari 2009 lalu. Setelah melalui beberapa proses, draft keputusan usulan batik menjadi warisan budaya takbenda UNESCO akan dibahas pada 28 September - 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi. Sidang itu akan mengukuhkan nominasi yang disetujui UNESCO.

Indonesia sebelumnya sempat mengusulkan produk budaya lain untuk masuk dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO dan disetujui yakni keris dan wayang kulit.

Kedua produk budaya itu kini telah diakui secara resmi sebagai warisan budaya takbenda UNESCO milik Indonesia. (mp/*a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails