Jumat, Juni 19, 2009

6000 Orang ‘Serbu’ Bursa Lowongan Kerja

JAKARTA, MP - Pencari kerja yang melamar di bursa lowongan kerja pada Job Expo 2009 di Tenis Indoor Senayan Jakarta hingga hari penutupan (18/6) mencapai 6000 orang lebih.

"Selama tiga kegiatan, jumlah pelamar ini turun dibanding tahun lalu yang sebanyak 8000 orang," kata Petugas Pemasaran Event Organizer Job Plaza, Heidy di Jakarta.

Menurut dia, para pelamar yang sebagian besar berasal dari wilayah Jabotabek ini membludak sejak pada hari pertama dan kedua, sedangkan hari terakhir Kamis sore terlihat mulai berkurang.

Bursa kerja ini, kata dia, diikuti 90 perusahaan dari berbagai inndustri di antaranya bergerak di sektor periklanan, perbankan, media, perkebunan, manufaktur, asuransi, lembaga riset dan jasa.

"Kami tidak tahu kenapa pencari kerja tahun ini terlihat sepi dibanding sebelumnya, dengan kondisi krisis sekarang biasanya banyak yang melamar," katanya.

Ia menambahkan, kemudahan bursa kerja ini, setiap pelamar membidik langsung perusahaan-perusahaan yang diinginkan tanpa melalui jasa layanan pengiriman surat.

"Bursa kerja ini memudahkan pencari kerja untuk berinteraksi langsung dengan perusahaan yang membuka lowongan. Jadi pelamar langsung memilih atau memasukan lamarannya ke perusahaan yang dihendaki," jelas dia.

Lowongan kerja yang ditawarkan para perusahaan itu sebagian besar bidang akunting, pemasaran, keuangan, pengajar, pelayanan kesehatan dan kecantikan. Dengan tingkat pendidikan dari SMA, D3 hingga S1.

Dia mengakui memang kebutuhan masing-masing perusahaan menerima pekerja berbeda, namun prosentasenya lebih kecil yang diterima dibanding pelamar.

"Setiap tahun pelamar selalu banyak, namun yang diterima hanya sedikit," katanya.

Sementara HRD PT Triputra Agro Persada, M Iqbal mengatakan pencari kerja yang memasukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit dan karet ini mencapai 700 orang.

"Namun yang diterima nanti sesuai formasi hanya 10 lowongan," katanya.

Formasi yang ditawarkan akunting, keuangan dan bidang yang berhubungan dengan hukum, untuk pendidikan D3 di bagian administrasi dan sarjana ditempatkan di staf.

"Pelamar yang lulus nanti akan ditempatkan di sejumlah pabrik dan kantor yang ada di daerah," katanya.

PT Triputra Agro Persada memiliki pabrik dan lahan perkebunan kelapa sawit serta karet di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Katingan di Kalimantan Tengah, Kutai Timur, Kalimantan Timur dan Muaro Jambi, Jambi.

"Melalui bursa kerja ini, perusahaan kami lebih dikenal dan diharapkan banyaknya pelamar," katanya. (mp/*a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails