Rabu, Mei 06, 2009

Waspada, Flu Babi Sudah Tulari 21 Negara

JAKARTA, MP - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu (6/5) WIB mengatakan, pihaknya telah mencatat 1.124 kasus infeksi flu babi atau H1N1 yang secara resmi dikonfirmasikan di 21 negara di seluruh dunia. Jumlah tersebut termasuk 590 orang yang dikonfirmasikan mengidap penyakit baru itu di Meksiko, 25 di antaranya telah meninggal.
Amerika Serikat (AS) telah melaporkan 286 kasus yang dikonfirmasikan pihak laboratorium, termasuk seorang telah meninggal. AS, Kanada, dan Spanyol termasuk yang paling pesat peningkatannya dari penghitungan sebelumnya. Portugal telah bergabung dengan peringkat negara yang tertular flu baru itu dan tercatat seorang terinfeksi.
Para pengidap flu tersebut yang berhasil diselamatkan telah dikonfirmasikan di Austria (1), Inggris (18), Kanada (140), Hongkong, wilayah China (1), Kosta Rika (1), Kolombia (1), Denmark (1), El Salvador (1), Prancis (4), Jerman (8), Irlandia (1), Israel (4), Italia (2), Belanda (1), Selandia Baru (6), Portugal (1), Korea Selatan (1), Spanyol (54), dan Swiss (1).
Keiji Fukuda, pejabat asisten Dirjen WHO, mengatakan bahwa sebagian besar orang yang terinfeksi virus ini berada di Eropa dan Asia setelah menyebar dari Meksiko, sebagai pusat penyebaran flu H1N1 itu.
Namun masih belum jelas kapan atau apakah WHO akan meningkatkan lagi peringkat bahaya pandemi sampai ke angka tertinggi enam, dan mengaktifkan rencana-rencana tanggap darurat untuk memerangi virus baru yang dikenal sebagai "virus babi" itu.
Pekan lalu WHO menaikkan peringkat tanda bahaya pandemi dari tiga menjadi empat, dan kemudian lima dalam pengakuan penularan virus di Meksiko dan negara-negara lain termasuk AS dan Kanada.** (zae/mp)

1 komentar:

  1. wahhh..ngeri nihhh flu babi sudah mewabah, mari bunuhhh para babi....

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails