Selasa, Agustus 16, 2011

Harga Naik, Mentan 'Cium' Gelagat Pengusaha Timbun Beras

JAKARTA, M86 - Menjelang Lebaran banyak komoditas bahan pokok mengalami kenaikan harga. Seperti komoditas beras yang saat ini telah mengalami kenaikan lima persen.

Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Suswono, kenaikan itu diduga karena ulah sebagian pengusaha yang melakukan penimbunan beras. Dia mengendus adanya upaya penimbunan beras menjelang Lebaran. Setidaknya, Kementerian Pertanian (Kementan) mencium ada 14 titik yang melakukan penimbunan di antaranya Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera.

"Indikasi 14 titik ada indikasi kita tidak menuduh menimbun, ada yang menyimpan 5.000 ton sampai 10 ribu ton di Sumatera dan lebih banyak di Jawa," ujar Suswono saat ditemui usai acara buka puasa bersama di Komplek Perumahan DPR, Kalibata, Jakarta, Senin (15/8) malam.

Dugaan kuat para pelaku pengusaha yang diduga bermain itu adalah mitra dari Bulog. Padahal, kata Suswono, seharusnya mereka menyuplai bukan malah menimbunnya. "Ini kan mitra Bulog harusnya menyuplai Bulog," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kenaikan yang disebabkan penimbunan ini, pihaknya berkoordinasi dengan Polri untuk melakukan penyelidikan dan memproses secara hukum.

"Saya sudah koordinasi dengan pak Timur Pradopo (Kapolri), melalui Irjen juga kita sudah melakukan pengawasan," kata dia.

Jika nantinya terindikasi adanya penimbunan, menurut Suswono pihaknya menyerahkan semua kepada pihak kepolisian untuk memprosesnya ke ranah hukum. "Nanti ada proses hukum, urusan polisi," pungkasnya. (red/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails