Rabu, Juli 27, 2011

Tiket KA H+4 Balik Jakarta Habis Terjual

JAKARTA, M86 - PT Kereta Api (KA) mengumumkan, sedikitnya 17 ribu tiket kereta api (KA) kelas bisnis dan eksekutif untuk H+4 atau arus balik dari berbagai daerah ke Jakarta, sudah habis terjual.

"Tiket KA bisnis dan eksekutif hingga H+4 atau arus balik ke Ibukota, sudah habis terjual," kata Direktur Komersial PT KA, Sulistyo Wimbo Hardjito, saat dihubungi di Jakarta, Rabu (2&/7).

Ia mengatakan, kebanyakan calon penumpang membeli tiket kereta api kelas bisnis dan eksekutif melalui stasiun di kota keberangkatan seperti Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Solo.

"Namun, masih tersedia tiket KA kelas ekonomi yang tersisa cukup banyak. Total kami siapkan sekitar 90 ribu tiket kelas ekonomi," katanya.

Pembeliannya pun, katanya, bisa saat keberangkatan di loket-loket stasiun keberangkatan. "Rata-rata, untuk tiket kelas ekonomi pada H-7 sudah bisa dibeli," katanya.

Wimbo juga menduga puncak arus balik akan terjadi pada H+3 sampai H+11 lebaran.

Menurutnya, PT KA sudah siap menyambut lonjakan permintaan perjalanan kereta api termasuk persiapan sarana dan prasarana.

VP Public Relation PT KA, Sugeng Priyono sebelumnya, mengatakan PT KA akan fokus mengantisipasi aksi percaloan tiket terutama yang berasal dari oknum internal perseroan.

"Jika ketahuan, pasti kami beri surat peringatan hingga yang terberat akan kena PHK," katanya.

Menurut Sugeng, pemberian sanksi pada oknum pegawai yang terlibat percaloan sudah diatur pada UU Nomor 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian.

"Kami berharap UU tersebut bisa mengurangi praktik percaloan dan memberikan efek jera bagi pelaku," katanya.

Sugeng menambahkan, PT KA menawarkan haadiah Rp500.000 bagi siapa pun yang berhasil menangkap calo.

Tahun ini PT KAI menyiapkan 198 rangkaian kereta api reguler dengan tambahan 26 kereta. Jumlah pemudik yang menggunakan KA diperkirakan mencapai 2,92 juta orang. (dya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails