Senin, Juli 18, 2011

SBY Perintahkan Penghematan Energi

JAKARTA, M86 - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh untuk menyiapkan langkah-langkah penghematan energi termasuk penggunaan BBM bersubsidi sehingga tidak terjadi lonjakan subsidi.

"Presiden akan keluarkan keppres penghematan energi listrik maka kita lakukan gerakan penghematan, bbm. Perlu gerakkan penghematan subsidi bbm dengan melibatkan pemerintah daerah menjaga kuota agar tepat sasaran," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam keterangan pers di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Yudhoyono.

Ia menjelaskan prosedur dan mekanisme penghematan saat ini masih disusun oleh MEnteri ESDM dan dalam waktu dekat segera disampaikan pada Kepala Negara dan dituangkan dalam Keppres.

"Teknisnya akan disampaikan Menteri ESDM. Pengalaman kita masa lalu pada instansi pemerintah (dalam program penghematan-red) listrik hemat 7-10 persen, dan di kantor Mensesneg lebih dari 10 persen, bila kita dulu bisa lakukan itu, maka kita sekarang bisa lakukan itu," tegas Hatta.

Hatta mengatakan program penghematan energi tersebut akan dimulai dari instansi pemerintah sehingga nantinya dapat diikuti oleh masyarakat.

"Menteri ESDM akan rumuskan bagaimana di instansi pemerintah melakukan penghematan tersebut. Segera menteri ESDM merumuskan inpres tersebut dan sesegera mungkin akan diberlakukan," kata Hatta.

Sejumlah menteri yang hadir antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Mentan Suswono, Mesesneg Sudi Silalahi dan sejumlah pejabat lainnya.

Presiden usai ratas langsung bertolak menuju Bali untuk menghadiri pembukaan rangkaian pertemuan menteri tingkat ASEAN.(red/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails