Rabu, Juli 27, 2011

Pemerintah Akan Hemat BBM

JAKARTA, M86 - Pemerintah menginstruksikan penghematan bahan bakar minyak bersubsidi untuk kendaraan operasional kementerian dan lembaga sebesar 10 persen mulai Agustus 2011. Selain itu, pemerintah juga berkomitmen menghemat penggunaan listrik sebesar 27 persen pada tahun 2011, atau naik dibandingkan dengan target sebelumnya 25 persen, di kantor kementerian dan lembaga.

”Ini adalah bagian dari implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2008 tentang Penghematan Energi dan Air. Ini kami lakukan pada semua jenis sumber daya, baik energi maupun air,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (27/7), seusai memimpin Rapat Koordinasi Terbatas tentang Penghematan Anggaran di Kementerian dan Lembaga.

Menurut Hatta, langkah ini diharapkan akan memberi kesan kepada masyarakat bahwa penghematan tersebut perlu dilakukan secara nasional untuk mengefisienkan penggunaan energi yang semakin mahal.

Pemerintah membentuk tim pemantau khusus untuk mengawasi penghematan anggaran tersebut. Dalam tim itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh menjadi ketua harian. Menteri Koordinator Perekonomian menjadi ketua. (dya/*kcm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails