Rabu, Juli 27, 2011

Keluarga PNS Dilarang Pakai BBM Subsidi Salah Sasaran

JAKARTA, M86 - Pengamat Ekonomi Tony Prasetyantono mengungkapkan wacana menangani pembatasan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi bagi keluarga Pegawai Negeri Sipil (PNS) salah sasaran.

Menurutnya, jika ada aturan yang mengharuskan keluarga tidak menggunakan BBM maka akan aturan tersebut akan menimbulkan distorsi. "Jadi peraturan tersebut tidak kena sasaran," tulisnya dalam pesan singkatnya di Jakarta, Rabu (27/7).

Dia mengungkapkan, pemerintah tidak dapat menyamaratakan semua. Pasalnya, dalam sistem kepegawaian PNS, terdapat golongan yang membedakan tingkat kesejahteraan dari PNS tersebut.

"PNS itu macam-macam tingkat kesejahteraannya, "range"-nya lebar. Ada yang mampu membeli pertamax, tapi lebih banyak yang unaffordable," tutur dia.

Karenanya, dia menegaskan wacana pemerintah untuk melakukan pembatasan BBM bersubsidi bagi para keluarga PNS tidak masuk dalam pemahaman akal sehat. "Menurut saya tidak masuk akal," tambahnya.

Alasan lainnya, lanjut Tony, karena sampai saat ini masih banyak PNS yang secara riil masih "miskin". "Meski dengan ukuran BPS tidak miskin, karena menggunakan ukuran UMR," tukasnya.(red/*kcm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails