Minggu, Agustus 07, 2011

Berdasarkan Survei, Rakyat Tak Lagi Percaya KPK!

JAKARTA, M86 - Tingkat kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merosot tajam. Tak tanggung-tanggung, angka kepercayaan publik terhadap lembaga superbodi tersebut berada di bawah 50 persen. Hal ini terbukti dalam survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

"Untuk pertama kali, kepercayaan publik terhadap KPK menjadi angka merah di bawah 50 persen. Hanya 41,6 Persen responden yang yakin bahwa KPK bisa menyelesaikan kasus tanpa pandang bulu meski melibatkan tokoh atau partai berkuasa," kata peneliti LSI Ajie Alfaraby saat jumpa pers di kantornya, Graha Dua Rajawali, Minggu (7/8).

Bahkan, hanya 29,7 persen responden yang puas atas kinerja KPK dalam memberantas kasus korupsi khususnya dugaan korupsi di Kemenpora yang melibatkan sejumlah petinggi Partai Demokrat ini.

"Metodologi Riset yang digunakan dengan menggunakan riset kuantitatif dengan pengumpulan data Juni 2011, dengan model sampling multage random sampling dan jumlah responden awal sebanyak 1.200 responden, margin eror 2,9 persen," imbuhnya.

Hal ini, kata dia, harus menjadi evaluasi besar bagi KPK terutama dalam melakukan seleksi pimpinan KPK. "Ini catatan penting yang tidak bisa diabaikan oleh semua pihak," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, nama baik KPK sedikit tercemar pasca tudingan eks Bendahara Umum Partai Demokrat, Nazaruddin, beberapa waktu lalu yang mengatakan KPK adalah rampok. Menurut Nazar, beberapa petinggi KPK seperti Chandra M Hamzah dan Ade Raharja dituding pernah menerima uang darinya.

Menanggapi tudingan Nazaruddin tersebut, KPK pun langsung membentuk komite etik yang hingga kini masih berjalan. (cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails