Sabtu, Juni 25, 2011

142 Calon Pimpinan KPK Lolos Seleksi

JAKARTA, M86 - Panitia seleksi telah meloloskan 142 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memenuhi persyaratan administrasi.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel)) KPK, Patrialis Akbar, di Jakarta, Jumat (24/6), mengumumkan bahwa 142 orang telah lolos seleksi tahap pertama.

Panitia seleksi, ujar dia, telah merampungkan seleksi tahap pertama dari 233 berkas pendaftar. Sebanyak 65,49 persen berlatar belakang hukum, 23,24 persen dari bidang keuangan, 6,34 persen dari bidang ekonomi, sisanya dari sektor perbankan.

Dari sembilan pendaftar wanita seluruhnya lolos tahap kedua, sedangkan pendaftar laki-laki yang lolos sebanyak 133 orang.

Seperti diberitakan sebelumnya, advokat menjadi pendaftar terbanyak begitu pula pihak Swasta masing-masing 38 orang, 29 dosen, 24 PNS, 10 TNI/Polri, dan tiga jaksa.

Pejabat aktif KPK yang lolos seleksi awal ada lima orang, yakni Chandra M Hamzah, Ade Rahardja, Johan Budi, dan Abdullah Hehamahua.

Nama-nama terkenal lainnya yang juga lolos seleksi awal adalah Ketua PPATK, Yunus Husein, praktisi hukum Bambang Widjojanto, Anggota DPD I, Wayan Sudirta.

Dua nama terakhir sempat masuk hingga tahap wawancara akhir pada pemilihan pimpinan KPK menggantikan Antasari Azhar, yang akhirnya terpilih Busyro Muqoddas.

Seluruh peserta yang lolos administrasi ini akan mengikuti tahap uji pembuatan makalah yang akan dilaksanakan sekitar satu bulan mendatang. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails