Senin, Oktober 26, 2009

Menegpora Jamin Keamanan Warga Malaysia

JAKARTA, MP - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Alifian Mallarangeng mengatakan, Indonesia menjamin keamanan dan keselamatan warga Malaysia di Indonesia.

"Indonesia adalah negara hukum, siapapun yang berada di wilayah Republik Indonesia akan dilindungi keamanan dan keselamatannya oleh negara," kata Andi usai menerima Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Ahmad Shabery bin Cheek di kantor Menegpora, Jakarta, Senin.

Andi mencontohkan, mahasiswa Malaysia yang sedang belajar di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, hidup tenang dan aman tidak ada keluhan.

"Indonesia berusaha menjaga persahabatan dengan Malaysia, karena Indonesia dan Malaysia saling membutuhkan," katanya.

Sebaliknya, Indonesia meminta warga negara Indonesia yang bekerja di Malaysia hidup tenang, aman, dan kondusif.

Sementara itu, Ahmad Shabery yang mengaku sudah bertemu dengan mahasiswa Malaysia di Jakarta dan Bandung, mengungkapkan mahasisaa Malaysia hidup bahagia di Indonesia, aman, tenteram, dan menyenangkan.

Mereka juga tidak mengeluhkankeamanan selama tinggal di Indonesia dan bahkan mereka bisa mengikuti kegiatan sosial di luar kampus.

"Ada sejumlah mahasiswa yang membantu lembaga swadaya masyarakat (LSM) bidang kesehatan menjadi relawan pada bencana gempa bumi di Padang," katanya.

Mengenai isu sweeping terhadap warga Malaysia yang berada di Jakarta, dia menganggapnya sebagai persoalan kecil. "Malaysia tidak mempersoalkan isu sweeping," katanya.

Ahmad mengakui di negerinya memanga ada sekelompok kecil masyarakat yang berusaha merusak persahabatan Malaysia dan Indonesia dengan mengganggu tenaga kerja Indonesia.

Namun itu tidak perlu dibesarkan, sebaliknya Malaysia selalu berharap Indonesia bisa memposisikan Malaysia sebagai negara tetangga yang paling akrab bagi Indonesia. (red/*an)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails