Kamis, Oktober 22, 2009

Hasyim Bersyukur Kader NU Masuk Kabinet

JAKARTA, MP - Ketua Umum Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi bersyukur sejumlah kader NU masuk dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, meskipun tidak atas nama NU secara organisasi.

"Alhamdulillah. Memang untuk jabatan menteri selama ini tidak ada pembicaraan institusional dengan NU, tetapi masuknya bisa dari pintu yang lain, misalnya partai," kata Hasyim di Jakarta, Kamis.

Warga NU yang masuk KIB II antara lain, Mendiknas Muhammad Nuh, Menteri Agama Suryadharma Ali yang juga Ketua Umum PPP, Menakertrans Muhaimin Iskandar yang juga Ketua Umum PKB, dan Menteri Negara PDT Helmy Faishal Zaini yang juga Wakil Sekjen PKB.

Pada kesempatan itu, atas nama organisasi NU, Hasyim menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, serta terbentunya KIB II.

"PBNU mendoakan dan mendorong agar pemerintah mampu membawa bangsa dan negara sebagaimana dijanjikan dalam proses menjelang pemilu sebagai amanat yang telah disanggupkan," kata Hasyim.

Terkait jabatan menteri agama yang beberapa kali diduduki pengurus NU, seperti saat itu Said Agil Al Munawwar dan Prof Tholchah
Hasan, namun kini diisi tokoh partai, Hasyim menyatakan tidak kecewa.

Bagi NU, kata Hasyim, untuk posisi menteri agama bukan dari mana asalnya, melainkan apakah pola pikir (mindset)
keagamaannya seperti NU atau tidak.

"Mindset ini yang dipandang NU," kata pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Malang dan Depok tersebut.

Oleh karena itu, NU pun menyambut baik penunjukan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali sebagai menteri agama karena pola pikir keagamaannya selaras dengan NU.

Suryadharma pun pernah memimpin organisasi kemahasiswaan yang berafiliasi ke NU yakni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).(red/*an)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails