Jumat, Juli 24, 2009

Waspada, Flu Babi Terus Menyebar

JAKARTA, MP - Virus influenza A (H1N1) atau flu babi masih terus menyebar dan saat ini sudah menginfeksi 322 orang yang terdiri atas 176 laki-laki dan 146 perempuan.

Siaran pers dari Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan Jakarta menyatakan, pada Kamis jumlah orang yang terserang flu A (H1N1) kembali bertambah 83 orang yang terdiri atas empat warga negara asing dan 79 warga negara Indonesia.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Tjandra Yoga Aditama mengatakan, pemerintah terus berupaya mengendalikan penyebaran penyakit yang awalnya merebak di Meksiko itu.

Upaya pengendalian antara lain dilakukan dengan meningkatkan pemantauan kasus melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), menyiagakan rumah sakit rujukan, menyiapkan obat-obatan, mengintensifkan surveilans penyakit serupa influenza, menyiapkan laboratorium dan mengampanyekan pencegahan penyakit flu.

Pemerintah juga menggerakkan masyarakat agar terlibat dalam kegiatan surveilans berbasis komunitas dengan meminta masyarakat yang terserang flu agak berat untuk segera melapor ke Puskesmas dan yang berat ke rumah sakit.

"Selain itu, surveilans klinik pada infeksi pernafasan akut juga ditingkatkan di Puskesmas dan rumah sakit untuk mencari kasus yang berat," kata Tjandra.

Ia menjelaskan pula bahwa flu A (H1N1) menular melalui kontak langsung dari manusia ke manusia lewat batuk atau bersin sehingga penyebarannya sangat cepat.

Namun, kata dia, tingkat kematian akibat penyakit itu di seluruh dunia termasuk rendah, yakni hanya sekitar 0,4 persen.

Dia meminta masyarakat tetap mewaspadai penularan penyakit yang sudah menjadi pandemi global itu dan berusaha menghindarinya dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Cuci tangan dengan sabun atau antiseptik, terapkan ketika batuk dan bersin yang benar. Bila ada gejala influenza, minum obat penurun panas, gunakan masker dan sebaiknya tidak pergi ke luar rumah. Jika dalam dua hari flu tidak membaik segera ke dokter," katanya. (mp/*a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails