Selasa, Juli 28, 2009

Usia 65 Tahun Naik Haji Belum Dilarang

JAKARTA, MP - Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Ghofur Djawahir mengatakan Pemerintah Arab Saudi belum pernah mengeluarkan larangan bahwa orang yang berusia di atas 65 tahun tidak boleh menunaikan ibadah haji.

Pemerintah di sana baru mengeluarkan imbauan, kata Djawahir di Jakarta, Senin, menanggapi adanya keresahan calon haji berusia 65 tahun tak dapat pergi haji.

Ia menjelaskan, munculnya imbauan tersebut dilatarbelakangi hasil seminar flu H1N1 yang merekomendasikan bahwa calon haji berusia 65 tahun dari seluruh dunia diimbau agar menangguhkan keberangkatannya.Pasalnya, calon haji pada usia tersebut sangat rentan terhadap flu H1N1 yang kini menyebar ke berbagai negara.

Jadi, lanjut Djawahir, rekomendasi itulah yang kemudian dijadikan pegangan. Hingga kini belum ada larangan dari negara Arab Saudi bahwa orang berusia 65 tahun dilarang menunaikan ibadah haji.

Menurut dia, selama hal tersebut belum ada pemberitahuan secara tertulis dari Pemerintah Arab Saudi, maka pengurusan dokumen dan prosedur keberangkatan ke tanah suci tetap berjalan sebagaimana yang sudah ditentukan.

Calon haji yang berusia 65 tahun ke atas tetap disertakan mengurus paspor hijau sebagaimana disyaratkan dalam dokumen haji, katanya.

Namun, lanjutnya, ada pengetatan pemeriksaan kesehatan bagi calon haji. Jika pada tahun-tahun lalu setiap caln haji harus dilengkapi dengan pemberian suntik meningitis, untuk musim haji 1430 H ditambah lagi pemberian vaksin flu H1N1.

Hal lain, para petugas kesehatan akan memberikan pemeriksaan secara ketat kepada calon haji berisiko tinggi. Jika beberapa tahun silam masih dijumpai wanita hamil lolos pergi haji, hal itu tak boleh terulang lagi, ia mengatakan.

Djawahir menambahkan, para calon haji diharapkan tak resah terkait dengan imbauan dari Pemerintah Arab Saudi.

Sebelumnya diberitakan, ratusan calon haji dari berbagai daerah di tanah air terancam batal berangkat ke tanah suci menyusul adanya imbauan Pemerintah Arab Saudi itu.

Jika memang Arab Saudi memberlakukan imbauannya, tentu persoalan itu membawa dampak kepada daftar tunggi haji Indonesia. (cok/*a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails